Piala Adipura Ke 11 Dikirab Mengelilingi Kota Blitar

02 Desember 2015 - 00:00:00 WIB

BLITAR - Sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat Kota Blitar yang peduli dengan lingkungan dan membuahkan penghargaan Piala Adipura yang ke -11 kalinya  Senin pagi (30/11), Piala Adipura tahun 2015 dikirab ke wilayah Kota Blitar. Diberangkatkan di depan Taman Kebonrojo Kota Blitar. Diikuti beberapa kelompok drumband, paskibraka, komunitas motor ninja dan ratusan penyapu jalan.

Pande Suryadi, SH Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Blitar pada Senin (30/11), dikonfirmasi seusai kirab mengatakan bahwa selain sebagai ungkapan kegembiaraan, pelaksanaan kirab sebagai wahana sosialisasi atas keberhasilan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Harapannya kebersihan menjadi budaya sehingga tanpa dikomando dan tanpa ada penilaian, secara sadar masyarakat selalu berupaya untuk menjaga lingkungannya.

Menurut Pande, sengaja kirab melewati hampir seluruh jalan protocol Kota Blitar, agar banyak masyarakat Kota Blitar yang melihat dan ikut bangga bahwa kota tercintanya mendapatkan piala bergengsi tingkat nasional. Apalagi proses pencapaian tahun ini lebih sulit karena penilaian dilakukan bertahap. Bahkan pihaknya juga harus melakukan presentasi dihadapan tim penguji di Jakarta. Dari sekitar 550 kota kabupaten se- Indonesia, hanya sekitar 68 daerah yang berhasil memboyong Piala Adipura, termasuk Kota Blitar. Kriteria penilaian juga tidak hanya pada masalah persampahan, namun juga meluas kepengendalian pencemaran air dan udara serta pengelolaan ruang terbuka hijau.

Tidak jauh berbeda Suprianto, SH., MH PJ Walikota Blitar berharap berbagai jenis penghargaan yang diterima Kota Blitar tahun ini, harus bisa dipertahankan ditahun mendatang. Bukan hanya untuk Piala Adipura, namun juga penghargaan lain, seperti Anugerah Kota Sehat, Profesionalisme Award Dan Smart Region Award.

Finish Iring-iringan kirab, berada di depan Kantor Walikota Blitar. Dilanjutkan dengan prosesi penyerahan Piala Adipura oleh Kepala BLH diterima PJ Walikota Blitar.  Setelah itu diserahkan kepada masyarakat Kota Blitar yang diwakili ketua DPRD Kota Blitar.(ram)