Kirab Adipura Menampilkan Pertunjukan Fashion Show Busana Daur Ulang

02 Desember 2015 - 00:00:00 WIB

BLITAR - Prosesi ceremonial penyerahan Piala Adipura dari kepala BLH ke PJ Walikota dan selanjutnya diserahkan kepada masyarakat Kota Blitar yang di wakili ketua DPRD Senin pagi (30/11), juga ditampilkan fashion show. Memperlihatkan berbagai macam busana daur ulang hasil desain pelajar setingkat SMA di Kota Blitar.  Ada sekitar 20 pelajar yang mengikuti fashion show, berasal dari SMAN 1, SMAN 2 dan SMKN 3.

Dyah Lailatuz Zuhria siswi kelas XI IPA 9 SMAN 1 Kota Blitar pada Senin (30/11), sebagai desainer baju daur ulang mengatakan bahwa ada 7 kostum hasil kreasi pelajar SMAN 1 Kota Blitar yang ditampilkan dalam fashion show on the road. Terbuat dari kertas semen, kertas krep, tas kresek, pecahan CD dan bulu ayam. Meskipun tidak ada jurusan maupun ekstrakurikuler tata busana, namun sebagai sekolah adiwiyata SMAN 1 Kota Blitar rutin menggelar kegiatan tentang cinta lingkungan. Salah satunya pada bulan april lalu, menggelar lomba desain baju recycle. Hasil karya siswa disimpan dan bisa ikut ditampilkan pada rangkaian acara Kirab Adipura.

Lebih lanjut Dyah menambahkan, para pelajar SMAN 1 Kota Blitar komitmen untuk menjaga lingkungan agar terbebas dari pencemaran. Terbukti banyak siswa yang mengikuti ekstakurikuler PKH dengan mengoptimalkan program budidaya tanaman, budidaya ikan dan pemeliharaan terhadap hewan-hewan. Selain itu juga mengelola sampah melalui bank sampah. Sampah organik menjadi kompos, sementara sampah lain seperti plastik bisa menjadi baju daur ulang dan lain-lain.(ram)