KUPA-PPAS Tahun Anggaran 2015 Dan KUA-PPAS tahun 2016 Telah Ditandatangani

16 September 2015 - 00:00:00 WIB

BLITAR - Selasa pagi (15/09), DPRD Kota Blitar menggelar rapat paripurna DPRD tentang penetapan nota kesepakatan atas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan PPAS APBD Kota Blitar tahun anggaran 2016 serta Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA)-PPAS tahun anggaran 2015. Diikuti seluruh anggota dewan, anggota Forpimda beserta pimpinan SKPD dilingkup Pemkot Blitar. Dalam kegiatan itu empat fraksi DPRD menyetujui, diantaranya fraksi PDI-P, Fraksi Kebangkitan Bangsa, Fraksi Indonesia Raya Adil Sejahtera dan Fraksi Persatuan Karya Demokrat. Rapat itu digelar sebagai tindak lanjut dari rapat paripurna sebelumnya yang digelar tanggal 4 September 2015 dengan agenda penjelasan Walikota Blitar atas KUA-PPAS APBD TA 2016 serta KUPA-PPAS Perubahan APBD TA 2015. 


Dikonfirmasi seusai kegiatan Totok Sugiarto dari Fraksi Kebangkitan Bangsa pada Selasa (15/09) mengatakan bahwa perubahan APBD 2015 mutlak dilakukan. Karena adanya penerimaan pembiayaan daerah dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) APBD tahun 2014 yang mencapai 107 M.


Hal yang sama diungkapkan Johan Tri W dari Fraksi Indonesia Raya Adil Sejahtera. Meskipun menyetujui, namun fraksinya memiliki rekomendasi bagi pemerintah daerah, yakni setiap SKPD harus lebih teliti dalam penganggaran disetiap kegiatan. Selain itu kegiatan yang diprogramkan harus benar-benar untuk masyarakat.


Sementara itu Ridho Handoko dari Fraksi Persatuan Karya Demokrat juga menyampaikan beberapa catatan bagi pemerintah daerah, diantaranya tentang retribusi parkir dan pajak hotel restaurant agar ditingkatkan. Sementara itu jasa medis di rumah sakit Mardi Waluyo dianggap masih cukup tinggi, sehingga harus disesuaikan.


Tidak jauh berbeda persetujuan itu juga diungkapkan Bambang PW dari partai PDI-P, namun suaranya enggan diudarakan.


Kesepakatan atas KUA dan PPAS APBD Kota Blitar tahun anggaran 2016 serta KUPA-PPAS Perubahan APBD tahun anggaran 2015 dituangkan dalam nota kesepakatan bersama ditandatangani oleh Pimpinan DPRD, pimpinan sidang dan Pj Walikota Blitar. Sementara itu Plt Sekretaris Daerah Kota Blitar juga turut menyaksikan penandatanganan.(ram)